Social Icons

a

Selasa, 12 Februari 2013

Ogah Ceramah, why ?


OGAH CERAMAH, WHY ?

Pernah pas Gue masih semester 5 disuruh ceramah atau kultum tarawih, dan ini udah terulang – ulang sampai sekarang, dan gak Cuma disatu tempat tapi juga sampai keluar kota,  tapi Gue tolak, dan Gue bilang ke mereka yang ngundang Gue ceramah kalau nanti Gue ceramah khawatir yang denger tau audiens pada nangis atau pingsan atau jantungnya pada copot. ^_^. Tapi orang yang ngundang Gue itu tetep penasaran sama Gue dan terus ngebujuk Gue agar ceramah, sampai akhirnya Gue tetep juga nolak permintaan tersebut dengan berbagai alasan kocak lainnya. Huft,, sebenarnya ketika Gue nolak sempet mikir, dosa gak ya nolak berceramah ? ilmu itu kan harus di share ? shaleh itu kan gak boleh buat sendiri aja ? bukannya ini kesempata bagi Gue buat membuktikan kalau Gue se-enggak – enggaknya punya skill lebih dibandingkan mayoritas pemuda sekarang ? terus bukannya yang namanya Ilmu juga kudu di share biar kagak ilang ? haduh, pokoknya masih banyak lagi deh berbagai pertanyaan yang terus dateng and betah muter – muter di hati Gue, dan ini kayaknya membuat Gue merasa bersalah karna nolak berceramah, padahal Gue sendiri Gandrung ngeliat mayoritas penceramah sekarang yang sebenarnya Cuma mentok bikin audiens tahu, tapi belum tentu paham secara maksimal, apalagi ngamalin secara bijak itu Ilmu. Huft,, terus juga Gue sempet mukir, gimana kalau nanti Gue ditanya sama DIA di Akhirat nanti, kira – kira Gue jawab apa yah ? soalnya di akhirat nanti yang bicara bukan mulut, tetapi amalan. Gubrak Deh !!.

Selama ini, yang Gue tahu, kalau kita mau bahas tentang apapun itu, baik permasalahan dunia atau akhirat, negara dan agama, sosial atau budaya, termasuk soal “penceramah” yang satu ini, otomatis rujukannya atau sudut pandang atau tolak ukur atau parameter yang harus kita pake ya HARUS menurut al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW donk !!, biar sesuai mau-NYA, biar Islam terbukti kuat menjadi Sistem Kehidupan yang Universal dan Integral. Em,, walau Gue sendiri gak hafal dan gak bisa nulis al-Qur’an, Gue tetep yakin, kalau yang namanya penceramah itu dituntut harus bener – bener menjiwai apa yang disampaikannya atau nilai – nilai al-Qur’an itu sendiri sudah harus bener – bener tertancap kuat dalam jiwa sang penceramah, sehingga keluarga sang penceramah itu sendiri juga mengamali nilai – nilai al-Qur’an secara konsisten dan apa yang disampaikannya nanti pasti objektif – sistematis – ilmiah – memiliki makna luas – sesuai dengan kebituhan iman yang diceramahinya – dan tanpa motif – motif sempit tertentu ketika /dalam menyampaikannya (tidak menurut golongan tertentu), udah gitu, efek samping dari tuntutan itu kan juga pasti keren, sang penceramah tentunya punya kharisma yang tinggi, orang kalau mau deket terasa sungkannya, setiap gerak atau omongannya berbobot, pokoknya dimensi hidupnya kayak udah malaikat deh, udah gak terikat sama urusan biologisnya, ya tapi tetep makan dan nikah, dan kalaupun dia berbuat salah otomatis kesalahannya akan segera tertutupi oleh kebaikan yang udah dia lakukan karna sangking banyaknya. Jujur, yang kayak gini yang buat Gue merinding kalau Gue ada niat berceramah. Emang gak se-sederhana yang kita bayangin kalau mau ceramah. Lagipula, penceramah menurut al-Qur’an dan apa yang udah Beliau SAW contohkan bukan penceramah yang Cuma ngasih nasehat, tapi juga perlindungan hidup, entah rutin ngasih duit, makan, rumah dan pakaian.

Em,, Gue sendiri yakin, Umat sekarang itu kebanyakan pada tidur, dibangunin cara halus atau dielus – elus malah nambah nyenyak tidurnya, dibangunin pake cara kasar atau ditendang malah marah, toh kalau udah ada orang yang bangun bukannya ngebangunin yang lain malah cuek aja, dan yang udah pada bangun itu bukannya bersatu wat bangunin yang lain eh malah pada tengkar, apa kate dunia ?. makannya, yang buat Gue gak susah ngejawab kenapa mayoritas umat sekarang enggan berbuat benar ? ya karna kebanyakan Orang yang Berilmu atau Penceramah atau yang ngajar ngaji selama ini gak Maksimal dalam memahami dan mengamali apa – apa yang telah dicontohkan Beliau SAW tadi (setengah – setengah), baik dalam skala pribadi mapun famili, apalagi komuniti dan negeri ? boro – boro menaungi orang yang diceramahin, malah kalau diminta ceramah kudu pake amplop atau kalau udah terkenal ya punya standard amplopnya.

Jujur, kalau soal ceramah Gue masih belum siap, apalagi Khotbah, tapi kalau Cuma sebatas diskusi serius Insyaallah Siap !! ^_^, soalnya Gue dan Keluarga Gue sendiri masih malu sama pemahaman dan amalan internal, toh walaupun Gue berusaha semaksimal mungkin memperbaiki diri dan keluarga. Kalau kita tengok lagi Rasulullah SAW dan para pendukungnya, Agama atau berceramah atau ngajar ngaji itu bukan sebagai alat mata pencaharian, tetapi sebagai alat mata pencaharian Restu-NYA, kalau mau uang yang berdagang atau berprofesi yang halal. Atau Agama itu mesti tertancap kuat dulu dalam lingkup Pribadi dan Famili, baru ke Komuniti atau Negeri. Kalau Keluarga udah “Goal”, otomatis masyarakat pun juga kena “Goal”nya, kayak Nabi SAW contohkan.

Terimakasih                                                                                                                           Ogah Ceramah, Why ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar