Social Icons

a

Minggu, 03 Februari 2013

Buat Loe Pecinta Kartun


BUAT Loe PECINTA KARTUN: Khususnya Naruto

Buat Loe yang ngaku pecinta Kartun, khususnya Naruto. Ada beberapa hal yang ingin Gue share ke Loe – loe pada, Insyaallah SANGAT BERMAFAAT. Selama ini Gue memandang terlalu banyak diantara orang – orang yang hanya menjadikan kartun sebagai alat menghibur diri, bukan sebagai alat pembelajar tambahan bagi pribadi. Ini gak masalah dan ini terserah Loe. Jujur, selama kita menganggap bahwa kartun hanya dijadikan sebagai bahan hiburan (bukan ajang pengembangan diri) maka sampai tujuh turunan juga Masyarakat Muda Indonesia gak akan menjadi Masyarakat yang lebih maju dan cepat dalam menyelesaikan permasalahan Bangsanya, beneran, kita gak akan menjadi Masyarakat Muda yang stagnan (menetap) atau malah mundur bktinya aja banyak urusan vital Kenegaraan kita sebenarnya diatur sama orang – orang Bule.. Apapun selera kita, usahakan memiliki selera yang benar – benar menjadi penunjang kepribadian kita, jangan asal asyik, jangan hanya ikut – ikutan. Loe semua dah pada tahu, kalau kebanyakan cewek zaman sekarang lebay + cowoknya juga alay, kenapa ? ya salah satu faktornya adalah gak memanfaatkan segi positif atau tidak melihat secara terbalik apa – apa yang udah jadi seleranya. Nonton kartun dari pagi sampai pagi lagi ? itu gak masalah, yang penting itu gak Cuma dijadikan sarana hiburan tapi juga sarana pembelajaran pribadi.

Kita ambil satu kasus Film Kartun, Naruto, karna memang  Naruto Lovers di Indonesia sekarang kalau dijadiin satu bisa bejubel gak karuan, mungkin muat kalo ditaro di Bali. Di Film Naruto, banyak banget yang sebenarnya bisa kita ambil pelajarannya: disitu ada cara bagaimana sikap positif kita terhadap teman, memahami prinsip hidup bagi individu itu sendiri, sikap positif bagaimana kita memotivasi orang lain, semangat belajar para ninja akademiknya, sikap positif bagaimana seorang Guru terhadap muridnya atau sebaliknya (dalam hal urgen/penting), sikap bijak Orang Tua terhadap kelebihan dan kekurangan anaknya atau sebaliknya, sikap bijak kakak terhadap adik (sasuke dan Itachi) atau sebaliknya, sikap positif para shinobi konoha yang bangga memakai ikat kepala konoha (nasionalisme) dimanapun mereka berada, sikap positif untuk mudah menyesuaikan perbedaan kemampuan dengan orang lain didalam tim, terus sekarang kan lagi perang ? lihat bagaimana cara bijak para Kage untuk diplomasi antar negara yang udah mereka lakukan + Psikologi perangnya seperti apa, semangat kepemimpinan dan keprajuritannya seperti apa, terus juga bagaimana cara propaganda musuh dalam mengatur strategi perang prajuritnya dan cara kita membacanya, suer, terlalu banyak yang sebenararnya kita ambil dari film ini, bayangin, klan terkecil, Klan Uchiha, mampu menjadi Klan yang paling disegani atau menjadi pusat perhatian bagi seluruh Klan Shinobi kenapa bisa ? ini membuktikan, sekalipun banyak jumlah Klan atau penduduk Negara, kalau semuanya bego ya gak ditakutin sama Klan atau Negara lain, malah – malah gampang dkalahin sama Klan atau Negara yang sebenarnya jumlahnya Cuma seiprit – prit.

Nih, beberapa kutipan pelajaran yang bisa kita pelajari dari komik naruto.

"Hanya Orang Bodohlah yang mampu menghadapi Perang Besar ini, karena kami tidak peduli seberapa besar dan tinggi tembok penghalangnya." ( Killer Bee; Naruto Shippuden 283)
"Kunci untuk pertarungan antar shinobi adalah dengan cara bertarung Psikologis." (Kakashi; Naruto Shipudden 284)
"Kau (Sai) sudah diajarkan bahwa shinobi tidak membutuhkan perasaan, kan ?(Danzo)
"Melepaskan emosi bisa membuatmu rentan terhadap perasaan negatif. Itu bisa jadi sangat berbahaya" (Danzo)
"Aku takkan pernah memaafkan akatsuki, mereka mengendalikan orang yang sudah mati dengan edo tensai. Aku sangat marah, Apa ada alasan bagiku untuk kalah ? Tidak. Tidak ada !! (Lee)
"Jadi Begitu,, sumber dari kemarahan Lee bukan dari sifat negatifnya, tetapi merupakan perasaan untuk melindungi temannya." (Sai) à cepat dan tepat mengambil pelajaran dari sikap teman ketika berjuang
"sebuah Jutsu Penyegel akan menjadi kuat ketika aku melepaskan emosiku, tetapi emosi yang tidak mengandung perasaan negatif yang datang dari kemarahan dan kesedihan." (Sai)
"Kita memang tidak bisa mengubah masa lalu,, namun kita dapat membuat masa depan yang cemerlang." (Maki; Desa sunagakure: Naruto Shipudden Chapter 284)
"Dalam Dunia Shinobi, perintah itu adalah wajib. Tetapi jika kau mementingkan perintah ketimbang temanmu, ya jangan ditanya lagi,,,"( Kakashi: Naruto Shipudden 288 )
"Tidak punya kaki, ya pakailah tangan, kalau itu tak berguna,. masih ada jari ataupun lidah untuk melawan mereka. Akan kuperjuangkan semuanya demimu sampai akhir! (Guru Gay) à berjuang sampai titik darah penghabisan demi teman seperjuangan
"saat dimana seorang shinobi sejati menggunakan kekuatannya demi teman, bukan untuk dirinya sendiri. Kekuatannya menjadi tidak terbatas." (Guru Gay)
"aku tidak suka orang yang membohongi dirinya sendiri." (Naruto Chapter 469
"Kalau kau menabrak dinding ! kalau kau meninggalkan keinginanmu saat menabrak dinding itu,, kau akan mulai beralasan dan mengumpulkan kebencian sebagai ganti keputusanmu... Dengarkan aku,, Kau harus terus maju tanpa meninggalkan tekadmu." (Madara; Naruto Chapter 575) à nasihat untuk tidak banyak beralasan
"Kebijaksanaan adalah hal yang lebih baik dari kebenaran."(Reikage; Naruto Chapter 473)
"Mengalahkan Medis lebih dulu dalam peperangan adalah taktik dasar."(Mizukage;Naruto Chapter 576)
"yang kuwarisi Sejak awal bukan kekuatan sederhana, tapi sesuatu yang terus mengalir dari masa ke masa, itulah kekuatanku yang sebenarnya." (Tsunade; Naruto Chapter 576) à pentingnya mewarisi para semangat juang leluhur
"Seseorang dapat menjadi kuat dengan mewarisi semangat dari para Pendahulunya." (Tsunade: Naruto Chapter 577) à pentingnya mewarisi para semangat juang leluhur
"Aturan Pertama: Ninja Medis harus pantang menyerah dalam mengobati/merawat rekannya selama mereka masih bernafas. Aturan Kedua: Ninja Medis tidak diijinkan terlibat dalam pertarungan. Peraturan No 3: Ninja Medis harus menjadi orang yang terakhir mati didalam TIM." (Tsunade: Ibid) à khusus buat Loe yang terjun dalam dunia Medis
"Jika kau tidak sabaran kau tidak akan dapat menghentikan hal yang mungkin dapat kau hentikan, dan malah akan menyebabkan hal yang sebaliknya." (Itachi: 578) à pentinnya sabar dalam menyelesaikan konflik
"Untuk tahu siapa sebenarnya dirimu adalah kunci untuk mencapai kesempurnaan... itu artinya mengerti apa yang dapat aku lakukan dan tidak dapat aku lakukan.." ( Itachi : Naruto Chapter 582 )
"Untuk memaafkan diri sendiri atas apa yang tidak dapat bisa dilakukan.. teman-temanmu akan selalu ada untuk menutupi apa yang tidak bisa kau lakukan.. dan untuk mencegahmu meninggalka apa yang mungkin bisa kau lakukan." ( Itachi )
"Jika kau ingin tahu sampai dimana kemampuamu... kau harus melihat siapa dirimu sebenarnya dan mengenali apa yang kau lihat." ( Itachi )
"Mereka yang tidak bisa mengenali diri mereka sendiri tidak akan pernah bisa menang." ( Itachi )
"Pada saatnya, informasi akan lebih berbahaya dibandingkan dengan senjata dan jutsu." (Orochimaru:Chapter 584) à terbukti, dimana yang berkuasa saat ini adalah mereka yang memiliki banyak informasi
"Kalau kau tak senang dengan apa yang kau miliki sekarang,,,, kau bisa mencari sesautu yan baru untuk ditambahkan." (Kabuto)
"Sebelum melakukan sesuatu mengenai dirinya sendiri, Manusia belajar menirukan yang lainnya." ( Kabuto : Naruto Chapter 585 )
"Jangan menipu dan mengelabui dirimu sendiri. Mereka yang tidak bisa menerima diri mereka yang sebenarnya,,, selalu gagal ( Itachi )
"Mereka yang bersedia memaafkan diri mereka sendiri dan berani menerima kenyataanlah yang disebut kuat."  ( Itachi : Naruto Chapter 586 )
"Kita terlahir dengan kemampuan untuk mempelajari sesuatu,,, dan dengan membandingkan diri kita dengan yang lain, kita dapat belajar lebih baik lagi. ( Itachi : Naruto Chapter 587 ) à teori pembelajaran dengan cara membandingkan kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain
"Kau harus mengenali dirimu sendiri. Dengan begitu kau tidak akan mengatakan kebohongan, bahkan kepada dirimu sendiri.. Dan kebohongan membuatmu tidak dapat mengenali dirimu sendiri." (Itachi) à pentingnya mengenali diri sendiri
"Semakin dekat kita ke diri kita yang lama,, maka akan semakin bagus hubungan kita dalam memahami masa depan." (Sasuke: Naruto Chapter 589)
"Jika kau tidak pernah mau masa mudamu berakhir,, kamu harus terus bermimpi." (Guru Gai, Chapter 594)
"Didunia ini,, dimana ada cahaya pasti akan ada bayangan,,," (Madara; Naruto Chapter 602). à hidup ini selalu ada pasangannya, hitam dan putih, benar dan salah, tidak ada yang benar kalau tidak ada yang salah, dst

"Dengan tahu kesakitan orang lain...Dan meneteskan airmata yang sama, kami akan lebih dekat dengan dunia yang sebenarnya." (Nagato; Naruto Chapter 607)
"Memang benar dalam dunia ninja mereka yang mengabaikan peraturan disebut sampah...tetapi...mereka yang mengabaikan teman, lebih rendah dari sampah."              (Obito: Naruto Chapter 608).
"..anak kecil adalah mereka yang terlalu terburu-buru dan tidak bisa menunggu." (Madara: Naruto Chapter 610)

Huft,, Sampai disini, Gue yakin kalo Lue udah mulai berubah, apalagi buat Loe yang ngaku jadi mahasiswa, apa bedanya Loe yang udah jadi Mahasiswa tapi cara Loe dalam menikmati kartun ini masih sama dengan adik – adik pelajar ?. ingat, jangan sampai Generasi kita dikenal sebagai Generasi yang memisahkan antara sarana hiburan dan pembelajaran, karna kalau dipisahkan otomatis waktu kita terbuang  secara tidak etis. Kita harus kreatif dalam mengkonsumsi selera atau kesenangan kita. Udah banyak permasalahan Bangsa ini yang belum bisa juga diselesaikan, dan hanya bisa diselesaikan kalau masyarakat mudanya mulai berpikir dan berjiwa besar.

Terimakasih                                                                                                                          Naruto Lovers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar