Social Icons

a

Rabu, 01 Mei 2013

Bangsamu - Bahasamu !!


BANGSAMU – BAHASAMU !!


Jika kau bertekad penuh untuk merevolusi Bangsa Indonesia, maka gunakanlah Bahasa Indonesiamu sendiri, apa itu Bahasa Indonesia ? Bahasa Indonesia adalah bahasa Budaya, apa itu Bahasa Budaya ? Bahasa yang terwujud atau terlahir dari rahim Bahasa-NYA (Bahasa Wahyu) sebagai satu alternatif dasar dalam menata kehidupan hakiki. Kau tidak akan mampu merevolusi Bangsa Indonesia dengan Bahasa Daerah, apalagi Bahasa Asing. Saya tegaskan sekali lagi, Bangsa ini hanya akan dapat berevolusi jika para Pemimpin dan Pemudanya menggunakan Bahasa Bangsa itu sendiri.

Bahasa Budaya itulah Bahasa Indonesia, sebuah Bahasa yang memiliki Nilai Dasar Kebudayaan, sebuah Bahasa yang memiliki Nilai Dasar ke-Objektifan Tingkat Tinggi atas keanekaragaman Bahasa daerahnya, sebuah Bahasa yang mampu menampung seluruh Format Informasi dari berbagai Bahasa Belahan Dunia lainnya. Lihatlah Sejarah Bangsa – bangsa Agung dari Penjuru Dunia !! apakah mereka mampu menjadi Bangsa yang disegani  tanpa menggunakan Bahasa Bangsanya sendiri ? Sama Sekali Tidak !!

Bahasa Budaya itulah Bahasa Indonesia, sebuah Bahasa yang dilahirkan dari rahim bahasa-NYA, sebuah bahasa yang kemudian DIA titipkan pada nenek moyang kita dan para generasinya untuk terus selalu dilestarikan dan dikembangkan, sebuah bahasa yang kalau sudah ditinggalkan maka ditinggalkan pula Bangsa itu dari kejayaannya, sebuah Bahasa Ibu bagi seluruh Bahasa Anak Bangsanya, sebuah Bahasa yang menjadi Guru bagi bahasa – bahasa sampah di Negeri ini, sebuah Bahasa Inspirasi yang menjadi Inspirator bagi kebuntuan bahasa modern.

Tiga setengah Abad Bangsa dan Bahasa Ini dijajah oleh Bangsa dan Bahasa Penjajah, namun setelah DIA menghendaki kemerdekaan bagi Bangsa dan Bahasa ini melalui berbagai musim konflik atau pertempurannya, maka merupakan tugas dari Para Generasi Bangsa dan Bahasa itulah untuk memberi sebuah arti paripurna atas tumpahan darah – keringat – dan airmata para Pahlawan Bangsa dan Bahasanya.

Adalah sebuah pertanyaan dasar bagimu Duhai Generasi Bahasa, “Kelak,, bagaimana caramu mengisahkan dan membuktikan pada Generasi Bahasa di esok hari, kalau Bahasa Indonesia adalah Bahasa Humanisme yang begitu Universal ?.

Bahasa Wahyu yang DIA ajarkan kepada segenap Insan terwujud atau tergeser dalam satu bahasa yang kita kenal sebagai Bahasa Bumi, lalu Bahasa Bumi yang telah DIA titipkan itu menjelma kedalam sebuah bahasa yang juga kita kenal dan itu terwujud sebagai “anak” dari Bahasa wahyu tersebut, yaitu Bahasa Bangsa, dan Bahasa Bangsa yang telah DIA “biarkan” itu saat ini memiliki keanekaragaman kejayaan dan kemunduran bagi Bangsanya sendiri, tergantung dari para Insan Bahasa bangsa itu sendiri dalam memperlakukan Bahasa Bangsanya.

Bahasa Indonesia, adalah sebuah Ibu bagi seluruh Bahasa Anak Bangsanya, menjadikannya jejak langkah yang harus diikuti oleh Anak Bahasanya ditiap–tiap daerahnya, sehingga menjadikan bangsa ini Sebuah Istana Bahasa yang harmoni – penuh cinta – megah – indah – takkan lapuk oleh berbagai macam terpaan zaman.

Dan sebaik – baik pahlawan adalah Pahlawan Bahasa, kemudian sebaik – baik Pemimpin adalah Pemimpin Bahasa, dan sebaik – baik Generasi adalah Generasi yang mencintai Bahasa Bangsanya sendiri.


Terimakasih                                                                                                                    Bangsamu – Bahasamu
========================================================
#Terinspirasi dari judul esai atau novel sejarah yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Noer: “Bahasa Indonesia sebagai bahasa revolusi Indoenesia” + “Bagaimana kisah dikibarkannya humanisme universal” +“Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak langkah, dan Rumah Kaca”. (Reza Taofik: “Aku Jatuh Cinta Menulis”; hlm 36 – 37; Pustaka Kaji; Cet I Maret 2012; Jakarta)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar