Social Icons

a

Kamis, 31 Januari 2013

APA PERLU PUSTAKAWAN JADI PRESIDEN ?


APA PERLU PUSTAKAWAN JADI PRESIDEN ?

Sempet mikir, apa perlu Presiden Indonesia besok memiliki latar belakang Ilmu Perpustakaan dan Informasi ? bisa tidak dan bisa juga IYA !!. Kalau tidak ya wajar, karna Kualitas Mayoritas Pustakwan Indonesia kita saat ini belum terbukti secara kuat dalam mengukur kapasitas perannya sebagai aktor terpenting dan terdepan dalam menjawab berbagai persoalan Bangsa ini.dan kalau IYA juga wajar, karna kita semua tahu, dari Presiden Pertama sampai sekarang pasti gak jauh dari hal – hal yang bersifat politik, ekonomi, teknologi, militer, dan sekarang lihat hasilnya ? + tidak sedikit yang mengatakan bahwa Pemimpin kita yang sekarang atau yang sebelum – sebelumnya tergolong Pemimpin yang GAGAL, walau dari sepetak bidang bisa dibilang berhasil. Memang ada beberapa yang mengatakan bahwa Indonesia sekarang Membaik dari sebelumnya dan sebagian lagi mengatakan hal yang sebaliknya, yang jelas itu subjektif, tergantung background orang yang berpendapat, kalau yang mendukung presiden ya tentunya Yes sama Kepemimpinannya, begitu juga sebaliknya + media sekarang miliknya beberapa Partai politik, dari situ juga udah cukup jelas afiliasi pemberitaannya sampai – sampai Masyarakat awam jadi korban opini. Semua udah sepakat bahwa Gagah Perkasanya sebuah bangsa bukan berawal dari Hukumnya, Militernya, Ekonominya, atau Politiknya, tetapi Pendidikannya, dan Ruh untuk sebuah pendidikan tidak lain adalah Ilmunya/Informasinya.

Kita sadar bahwa sekarang kita hidup di Era Informasi, dimana yang sebenarnya lebih berbahaya bukanlah politik, uang, hukum, nuklir atau senjata api, tetapi Informasi. Sangking urgennya informasi, didalam Kartun Naruto pun terdapat selintas pesan tentangnya, "Pada saatnya, informasi akan lebih berbahaya dibandingkan dengan senjata dan jutsu." (Orochimaru: Naruto Chapter 584). Saya percaya Para Pemimpin kita sekarang banyak yang sadar akan hal ini dan saya yakin masih terlalu banyak diantara mereka yang belum mau bergerak secara maksimal untuk memberi respons positif dan terbaiknya. Perlu kita yasinkan Bangsa ini ? jangan dulu, itu haram hukumnya. Dari yang sudah terbukti, Presiden yang Memimpin tidak terlepas dari rasa melankolisnya terhadap BackGround yang ia tekuni sebelumnya, sehingga corak kepemimpinannya pun sebagian besar menggarap apa yang ia dulu tekuni. maka setidaknya, kita berani berpikir terlebih dahulu bahwa Pemimpin yang kita butuhkan saat ini adalah Pemimpin yang tidak memiliki sikap melankolis yang sama seperti tadi, SDM dan Potensi Alam bangsa ini amatlah Besar, untuk itu seorang Pemimpin yang cocok adalah  Pemimpin yang mewajibkan dirinya untuk berada di pertengahan semua disiplin ilmu. Bukankah ini pertanda Bahwa Pustakawan memiliki peluang besar untuk mencoba mengambil peran tersebut ? ya, Pustakawan, apa yang Pustakawan Genggam ? bukankah Informasi, dan bukankah sekaranglah masa bagi seorang Pustakawan ? dan apa Tugas ke-Profesiannya ? Bukankan menjadi Pintu Gerbang utama dan  pertama bagi Dunia Informasi ? kenapa Pustakawan ? bukankah ia masih kecil dan kerdil ?, memang kecil dan kerdil, tapi lihatlah, mereka yang memang terbukti mengubah dunia adalah mereka yang awalnya dianggap kecil dan kerdil. Pustakawan tidak memiliki sejarah yang kuat ! yah, itu benar, tapi lihatlah, sejarah yang kita pelajari sekarang hanya ditulis oleh mereka yang sudah menang, kita tidak tahu mana yang objektif dan yang subjektif. Disiplin Ilmu Perpustakaan belum terbukti kuat “berpahala besar” atau menjadi penyelamat Bangsa ini dibandingkan dengan disiplin ilmu lainnya ! yah, itu benar, tetapi bukankah kekacauan bangsa ini juga merupakan akibat dari Ulah Disiplin Ilmu itu juga, artinya disamping “mereka” sudah banyak mengerjakan “pahala besar” bagi Bangsa ini, disamping itu pula “mereka” telah melakukan “dosa besar”. Saya tidak menyalahkan, hanya membuka kenyataan guna pembelaan.

Bagi saya, ini sebuah cambuk, selain itu pula ini terlihat GLA ! atau cari sensasi saja, memang terasa tidak mungkin bagi seseorang yang memiliki BackGruond Pendidikan dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi, namun ingatlah, sesuatu yang tidak mungkin itu sebenarnya hanya karena belum dicoba !!. Dan mereka yang terbukti menjadi Pahlawa adalah mereka yang mampu mengatasi ketidakmungkinan tersebut. itu saja.

Terimakasih                                                                                                                               Information Lovers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar