Social Icons

a

Kamis, 04 Juli 2013

Risalah KKN


RISALAH KKN


Sekuncup yang Terpikir,, Hingga Memekarkan Sekuntum Harapan

=====================================================

Jika Anda menginginkan satu tahun kemakmuran, tanamkanlah benih. Jika Anda menginginkan sepuluh tahun kemakmuran, tumbuhkanlah pohon. Jika Anda menginginkan seratus tahun kemakmuran, maka metamorfosiskan lah manusia.”
( PRIBAHASA CINA )



Bismillah ...

1.    Bila Kalian mencari Penilai-an Akademis,, Maka Kalian akan dipaksa mengupayakan Program Kerja yang terbaik. Lain hal jika Kalian mengutamakan Penilaian-NYA melalui Program Kerja yang terbaik, maka Kalian lah yang akan dicari oleh Penilaian Akademis, begitu juga dengan Kekompakkan Tim yang akan datang dengan sendirinya.

2.    Sebenarnya,, ada Program Kerja Fudamental, baik sebagai Individu maupun sebagai tim yang harus kalian lebih perhatikan terlebih dahulu, yakni Memahami Masyarakat (termasuk Tingkatan Pendidikan, umur, Kesejahteraan, dll) secara Objektif. Buatlah mereka merasa bahwa Masyarakat juga merupakan bagian dari Keluargamu,, jika PROKER tidak berdasarkan Pemahaman ini, dikhawairkan PROKER hanya bersifat "anget-anget tahi Ayam". Atau bisa juga GAGAL. Selain itu,, PROKER yang terlahir adalah PROKER yang Berbasiskan Kebutuhan Vital Masyarakat, bukan Keinginan Masyarakat,, apalagi Keinginan Mahasiswa/i . Kuulangi,, ProKer KKN adalah buah dari Pemahaman dan Ke-ikhlasan dalam ke-masyarakat-an.
    
3.    Sejujurnya,, dalam mengembangkan SDM masyarakat,, masyarakat  tidak membutuhkan Mahasiswa/i yang pintar dengan IPK diatas 3 atau Mahasiswa/i kaya. Yang Masyarakat butuhkan hanyalah Mahasiswa/i yang bisa mencintai mereka sebagaimana Keluarganya sendiri,, yang rendah hati dan mau berkorban setulus mungkin.

4.     Perlu diketahui,, dari segi kuantitas pemanfaatan waktu, ketika KKN maka kalian harus 70% diam atau mendengar Masyarakat dan 30% bicara atau action, namun dari segi kualitas pemanfaatan waktu,, maka kalian harus 70% Action dan 30% diam.

5.    Bukan berarti kalian telah menjadi Mahasiswa/i kalian lebih mapan atau lebih jago dibandingkan masyarakat dalam Pemanfaatan dan Pengembangan Teknologi Sosial yang ada. Jadilah ANAK MANIS ketika bermasyarakat. Jangan sungkan mengakui ketidakmampuan atau kekuranganmu sebagai Mahasiswa/i. Ingat,,  Mahasiswa/i yang baik hanya mengajari Masyarakat, namun lain halnya dengan Mahasiswa/i yang bijak,, ia juga akan belajar dari Masyarakat itu sendiri.

6.    Ada 4 Tipe Masyarakat : 1). Mayarakat yang tahu kalau mereka tahu 2). Masyarakat yang tahu kalau mereka tidak tahu 3). Masyarakat yang tidak tahu kalau mereka tahu  4). Masyarakat yang tidak tahu kalau mereka tidak tahu. Nah,, Tipe Masyarakat yang seperti apakah yang kalian temui sekarang ? ini bisa dipantau dari seberapa besar antusias atau dukungan mereka terhadap kedatangan kalian.

7.    Sering ada perbedaan yang besar antara apa yang mungkin dapat kalian kerjakan dengan apa yang DAPAT DIKERJAKAN oleh kalian berdasarkan sumber-sumber Internal yang ada.

8.    Mengingat UIN SUKA memiliki citra ke-Agama-an yang lebih kental bila dibandingkan dengan Universitas lainnya,, maka seYogyanya  menjaga dan memelihara citra tersebut sebaik dan seindah mungkin, mulai dari Disiplin Shalat Berjamaah,, Tata cara berpakaian,, Tata cara menyapa,, tata cara berjalan,, tata cara berbicara,, tata cara berkunjung kerumah Warga,,  dsb harus yang Indah dan benar menurut Qur’an dan Sunnah Muhammad SAW. Sepakat ?

9.    Yang harus lebih diperhatikan dari semua Point diatas adalah tentang Fokus terhadap “Orientasi Proses”, bukan fokus pada “Orientasi Hasil”. Right ??


Alhamdulillah ...

Terimakasih                                                                                                                       Risalah KKN

4 komentar: