Social Icons

a

Jumat, 28 Juni 2013

Tiga Aset dasar Pribadi Muda


TIGA ASET DASAR PRIBADI MUDA



Bismillah ...

Ada Tiga Aset (Sumber Kekayaan) Dasar TERPENTING yang harus betul – betul diperhatikan oleh Anak Muda, karna ini adalah modal awal dalam melakukan berbagai macam “transaksi” kehidupan dimanapun – kapanpun, diantaranya :

1.                   Cara Berpikir
2.                   Cara Berbicara
3.                   Cara Bertindak

Dari ke-Tiga Point diatas tadi, setidaknya kita memiliki Tafsir sederhananya guna memberi gambaran atau penjelasan lebih lanjut, terlebih dalam pengimplementasiannya:


1.                   Cara Berpikir

-                     Teringat apa yang dinasehatkan oleh Bung Karno, “Jangan pernah berpikir tentang Apa yang akan Bangsa Indonesia berikan padamu, tetapi berpikirlah tentang apa yang akan kau berikan untuk Bangsa Indonesia ini”, artinya kita jangan berpikir tentang apa yang akan didapatkan dari lingkungan sekitar kita, tetapi berpikirlah tentang apa – apa yang akan diberikan dari kita untuk lingkungan sekitar kita. (Menghilangkan mental pengemis atau manja)

-                     Ust anis Matta mengatakan: “Apapun masalah kehidupan yang sedang dihadapi, pertama kali yang harus saya pikirkan adalah: “Berpikirlah, tentang apa hikmah dibalik peristiwa atau masalah ini ?” (Positive Thinking pada-NYA)

-                     Memiliki pola Pikir Ekspansive, contoh: “Daripada kita sibuk menghitung jumlah  Musuh, lebih baik kita sibuk memenggal Leher Mereka.” (Khalid bin Walid), artinya daripada kita sibuk menghitung jumlah permasalahan, lebih baik kita sibuk menyelesaikan permasalahannya. Atau sebagaimana yang dtegaskan oleh Abu Bakr r.a, beliau menegaskan: “Andaikan hanya ada 100 Tentara Allah SWT yang pergi berjihad, maka akulah salah satunya. Atau, andaikan hanya ada 10 Tentara Allah SWT yang pergi berjihad, maka akulah salah satunya. Dan, Andaikan hanya ada 1 Tentara Allah SWT yang pergi berjihad, maka itulah aku.” (Bukan masalahnya, terpenting adalah kitanya)


2.                  Cara Berbicara, diantaranya:

-                     Self to self, yakni kita hanya perlu berbicara dari hati, barulah ke lisan, agar telinga yang mendengar dapat meneruskannya kelubuk hati orang yang mendengarkan.

Keterangan: A (Hati) à B (Lisan Pembicara) à C (Telinga Pendengar) à D (Hati Sang Pendengar). Kalau ini terjadi, biasanya akan menelurkan 3 butir kebijaksanaan dalam sebuah komunikasi: 1) Kesabaran, 2) Keindahan, dan 3) Hehati – hatian dalam berbicara.

3.                  Cara Bertindak, karna terinspirasi oleh jumlah dua mata – telinga – tangan – dan kaki, maka yang dapat kita tarik benang merahnya,  diantaranya:
-                     Lebih banyak melihat
-                     Lebih banyak mendengar
-                     Lebih banyak bekerja
Itu saja !! (^_^)

Alhamdulillah ...

Terimakasih                                                                                                                            Tiga Aset Dasar Pribadi Muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar